Pinjaman Rekening Koran vs Kredit Rekening Koran: 4 Perbedaaan Penting

07 August 2023

Kredit Rekening Koran

Bisa dibilang ada 2 jenis kredit dan pinjaman yang banyak sekali digunakan dan dipilih oleh orang-orang. Diantaranya seperti pinjaman rekening koran dan kredit rekening koran. Bisa dibilang kedua jenis kredit dan pinjaman ini banyak sekali dipakai orang-orang. Terutama bagi orang-orang yang memang sedang memulai sebuah usaha dan bisnis. Meskipun begitu, pada kenyataanya masih banyak orang-orang yang belum paham dan mengetahui mengenai 2 jenis pinjaman dan kredit koran tersebut.

Dimulai dari pinjaman rekening koran yang merupakan pinjaman dimana plafon pinjamannya dicantumkan pada rekening koran debitur sesuai dengan kesepakatan antara Bank dengan debitur berdasarkan Perjanjian Kredit/Pengakuan Hutang. Jenis pinjaman rekening koran ini umumnya digunakan untuk membiayai modal kerja debitur sehari-hari.

Disini, debitur bebas melakukan penarikan atau pengembalian pinjaman dengan menggunakan cek, bilyet giro atau surat pemindah bukuan lainnya selama dalam masa berlakunya perjanjian kredit dan penarikannya tidak melewati plafon pinjaman. Dan fasilitas plafon yang belum ditarik tidak dikenakan bunga.

Lanjut ke Kredit Rekening Koran merupakan layanan pinjaman yang diberikan perbankan ke nasabah atau debitur dengan plafon tertentu dan diberlakukan suku bunga berdasarkan dana yang dipergunakan. Penentuan Suku bunga yang digunakan juga dihitung berdasarkan jumlah uang yang digunakan debitur dan bukan berdasarkan plafon pinjaman. Begitu perjanjian kredit ditandatangani dan syarat-syarat kredit telah terpenuhi, maka pada dasarnya pada saat itu telah beredar uang giral (kartu kredit) baru di masyarakat sesuai jumlah KRK tersebut.

Nah baik Kredit Rekening Koran dan Pinjaman Rekening Koran, meskipun terlihat sekilas sama, ternyata memiliki beberapa perbedaan yang sebenarnya terlihat sangat signifikan. Berikut akan kami sampaikan 4 perbedaan pentimng antara pinjaman rekening koran serta kredit rekening koran yang perlu anda pahami dan ketahui berikut ini.

1. Masa Jatuh Tempo

Salah satu perbedaan kredit rekening koran dan pinjaman rekening koran adalah masa jatuh tempo. Pada umumnya, kredit rekening koram memiliki jangka waktu yang lebih pendek dibandingkan dengan pinjaman rekening koran. Kredit rekening koran biasanya diperuntukkan khusus pinjaman jangka panjang. Nah Masa jatuh tempo dari kredit rekening koran sendiri mulai dari 10-15 tahun. Adapun kredit modal kerja memiliki masa jatuh tempo maksimal 1 tahun saja.

2. Kegunaan

Perbedaan dari kredit rekening koran dan pinjaman rekening koran adalah dati segi fungsi dan kegunaanya yang tergolong berbeda signifikan. Kredit rekening koran biasanya akan berlaku untuk pengusaha yang hendak mengembangkan bisnisnya. Biasanya, kredit jenis ini digunakan untuk memperluas dan melakukan ekspansi pada bisnisnya. Oleh sebab itu, para pengusaha membutuhkan kredit dengan tenor jangka panjang karena dana yang dibutuhkan tidak sedikit.

Lain halnya dengan pinjaman rekening kotan yang harus melakukan kerja khusus para pengusaha yang hendak membuka bisnis. Pinjaman rekening koran ini biasa digunakan oleh pengusaha untuk membayar upah karyawan atau membayar utang, sehingga memiliki tenor jangka pendek.

3. Keuntungan Yang Didapatkan

Kredit rekening koran dan pinjaman rekening koran ini pada dasarnya memiliki perbedaan pada keuntungan yang bisa anda dapatkan. Dimulai dari kredit rekening koran yang memiliki beberapa keuntungan sebagai berikut.

  • Pengambilan dana yang bisa dilakukan sewaktu-waktu.
  • Nasabah dapat melunasi utang saat jatuh tempo.
  • Dana yang belum ditarik oleh nasabah tidak akan terkena bunga.
  • Kegiatan transaksi dilakukan melalui rekening utang.

Sedangkan pinjaman rekening koran juga memiliki berbagai keunggulan dan manfaat yang tentunya tidak kalah menariknya dibandingkan kredit rekening koran. Diantaranya seperti berikut ini.

  • Setelah dana cair, uang dapat langsung dipindahkan pada rekening giro.
  • Cicilan telah diputuskan dengan basis kontan flow yang disusun sebelumnya.
  • Pelunasan pinjaman sesuai dengan masa jatuh tempo.
  • Penarikan dana bisa dilakukan sesuai dengan prestasi proyek.

4. Suku Bunga

Perbedaan lainnya dari kredit rekening koran dan pinjaman rekening koran adalah dari segi suku bunga yang diberikan oleh suatu bank. Biasanya, setiap bank memiliki kebijakan penetapan suku bunga yang berbeda-beda. Namun, kisaran suku bunga pada kredit rekening koran biasanya lebih kecil dibandingkan pinjaman rekening koran.

Kredit rekening koran biasanya memiliki besaran suku bunga mulai dari 6% hingga 7%.  Sedangkan untuk pinjaman rekening koran sendiri memiliki besaran suku bunga mulai dari 10% sampai 14%, tergantung pada kebijakan setiap bank.

Informasi Bank Kredit Rekening Koran

Hal lainnya yang juga perlu anda pahami dan ketahui adalah dengan mencari bank yang menawarkan fasilitas pengajuan kredit rekening koran dan pinjaman rekening koran yang berkualitas tinggi. Kami dari Bank Lescadana hadir untuk memenuhi segala kebutuhan anda tersebut. Kami sudah dipercaya sebagai salah satu bank yang memfasilitasi pengajuan kredit rekening koran dan pinjaman rekening koran yang sudah terverifikasi serta diakui oleh OJK.
Nah bagi and

ng tertarik, anda bisa langsung saja menghubungi kontak marketing serta kantor cabang kami. Bagi anda yang ada di Jakarya, anda bisa langsung ke Ruko The Arcade Blok 3 PP & 3 PR, Jalan Pantai Indah Utara 2, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Atau anda bisa menghubungi kontak marketing di nomor 021-30051080.

Nah bagi anda yang berdomisi di Batam, anda bisa langsung datang ke kantor cabang Batam di Komplek Ruko Sinar Penuin Blok D nomor 8, Batam. Untuk kontak marketingnya, anda bisa menghubungi kami di 0778-4891999. Serta anda bisa mengunjungi websit

a yae kami di www.banklescadana.com untuk melihat berbagai info dan katalog menarik lainnya.

Close

Lescadana

Customer Services